Minggu, 21 Oktober 2012

BIMBEL MINGGU INI

Minggu kemarin kita telah mempelajari bagaimana menterjemahkan beberapa indikator yang terdapat pada SKL sekaligus memprediksi soal yang diujikan berdasarkan indikator tersebut. Naah...., minggu ini kita akan mengupas kembali materi yang diujikan sesuai indikator pada SKL secara ringkas dan praktis. Ingat loh.., kita hanya punya waktu 8 kali pertemuan sebelum uji coba (try out), so SEMANGAAAAAT!!!!!

Indikator 6 : Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya

INVERTEBRATA

Invertebrata merupkan kelompok hewan yang tidak memiliki vertebra (tulang belakang), terdiri dari 8 filum, yaitu : filum Porivera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Molusca, Arthropoda, dan Echinodermata. Ciri-ciri hewan dari masing-masing filum akan dijelaskan secara ringkas berikut ini. 

1. Porivera


Porivera merupakan invertebrata berpori  yang hidup di laut. Struktur tubuh hewan ini dapat dilihat pada gambar dibawah. Hewan ini mengambil makanan dengan cara menangkap hewan-hewan kecil menggunakan sel-sel koanosit (sel berflagel) di permukaan rongga tubuh. Hewan-hewan kecil itu masuk melalui pori-pori tubuh hewan ini bersamaan dengan air yang masuk melewati pori tersebut. Plankton yang tertangkap kemudian dicerna dan diedarkn ke seluruh tubuh oelh sel amoebosit. Reproduksi hewan ini dapat secara vegetatif dengan tunas yang tumbuh di dekat bagian kaki, atau secara reproduktif dengan pembuahan sperma  terhadap sel telur.
Struktur Tubuh Porivera




 

1 komentar: